Ciri-ciri Keputihan Abnormal

Sangat Berbahaya, Ini dia Ciri-ciri Keputihan Abnormal

Setiap perempuan pasti pernah mengalami keputihan. Memang wajar. Namun sebaiknya Anda perlu mewaspadai jika keputihan berbeda dari biasanya. Perlu diketahui, keputihan yang normal umumnya berwarna bening dan tidak berbau.

Keputihan biasanya akan keluar dari organ intim kewanitaan yang biasa ditemukan setelah haid, ketika stres, atau pada waktu ovulasi atau pada masa subur perempuan. 

Ciri-ciri keputihan yang berbahaya diantaranya adalah:

  1. Cairan keputihan bertekstur kental serta menimbulkan bau busuk.
  2. Cairan seringkali menimbulkan gatal dan tidak nyaman pada sekitar vagina.
  3. Cairan yang keluar berjumlah banyak, seperti keluarnya darah ketika menstruasi.
  4. Timbul rasa panas di area organ kewanitaan.
  5. Warna cairan hijau atau kekuning-kuningan.

Keputihan abnormal juga bisa berwarna abu-abu atau kuning disertai dengan bau amis yang menyengat. Keputihan yang berwarna abu biasanya disebabkan karena bakteri vaginosis yang merugikan. Munculnya keputihan juga bisa membuat hubungan seksual terasa menyakitkan bahkan disertai dengan pembengkakan dan rasa sakit di area vulva. Hal ini disebabkan karena infeksi jamur.

Tidak jarang pula ketika keputihan sudah tidak normal, warnanya menjadi merah muda. Hal ini diakibatkan karena telah terjadinya penumpahan lapisan rahim usai melahirkan. 

Supaya ciri-ciri keputihan berbahaya tidak menjadi masalah yang serius, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter ahli kandungan supaya bisa segera ditangani. 

Selain dengan obat medis, keputihan juga dapat ditangani menggunakam obat herbal atau obat-obat alami seperti daun sirih, temulawak, kunyit, mahkota dewa, daun dewa, atau temu putih. Sebelum Anda menentukan tanaman apa yang akan digunakan untuk pengobatan, maka sebaiknya lakukan perlahan untuk mengetahui mana yang cocok untuk Anda.

Cara mengobati keputihan abnormal yang banyak dilakukan adalah dengan ramuan daun sirih. Caranya sederhana. Rendam daun sirih ke dalam air mendidih selama setengah jam. Biarkan menjadi dingin lalu gunakan untuk membasuh vagina. Pakai air ramuan tersebut cukup seminggu sekali dan jangan terlalu kering.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pembersih daun sirih untuk membersihkan vagina Anda secara rutin tiga hari sekali. 

Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup

YAZNA

Health & Beauty

Tutup

Masuk

Tutup

Cart (0)

Cart is empty Keranjang Anda masih kosong.

YAZNA

Health & Beauty




Tutup

Tidak dapat Terhubung