Makanan Untuk Memperbanyak ASI

Makanan Untuk Memperbanyak ASI pada Ibu Menyusui

ASI atau Air Susu Ibu merupakan satu-satunya makanan untuk bayi baru lahir sampai usianya beranjak 6 bulan. Namun sayangnya tidak semua ibu menyusui bisa memproduksi ASI yang cukup untuk bayinya. Hal ini bisa disebabkan karena banyak hal. Bagi Anda yang mengalami produksi ASI tidak lancar, berikut kami berikan tips untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu memperbanyak ASI.

  1. Daun katuk. Sejak dulu, daun katuk terkenal sebagai makanan untuk memperbanyak produksi ASI. Daun katuk rasanya memang pahit. Oleh karena itu, sebaiknya daun katuk dimasak terlebih dahulu agar rasa pahitnya berkurang.
  2. Bayam. Kandungan zat besi yang ada pada garam baik untuk pembentukan sel darah merah di dalam tubuh ibu yang sedang menyusui. Tidak hanya kaya akan kandungan zat besi, garam juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan bayi yang sedang disusui diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta berbagai nutrisi berupa mineral seperti magnesium, asam folat, kalsium, kalium, serta fosfor.
  3. Daun pepaya. Meski sama seperti daun katuk yang rasanya pahit, daun pepaya juga bagus untuk memperbanyak produksi ASI. Oleh karena itu, Anda sebaiknya merebusnya terlebih dahulu. Selain daun pepaya, buah pepaya juga baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui karena dapat mencukupi kebutuhan cairan dalam memproduksi ASI.
  4. Wortel. Kandungan vitamin A pada wortel terbilang tinggi. Rutin meminum 1 gelas jus wortel sebelum makan siang bagus untuk memperbanyak produksi ASI di sore harinya.
  5. Biji jinten hitam. Di toko jamu tradisional, biji jinten banyak ditemukan. Kandungam biji jinten akan zat besi yang memadai mampu memulihkan tenaga ibu pasca melahirkan. Tidak hanya itu, kandungan pada jinten hitam juga baik untuk memproduksi lebih banyak ASI.
  6. Kemangi. Enzim fitoestrogen di dalam daun kemangi baik digunakan untuk memproduksi ASI dalam jumlah melimpah. Tidak hanya itu, daun kemangi juga baik untuk meningkatkan gerakan usus dan mencegah sembelit pada ibu menyusui. Juga, bisa membantu mencegah bau tidak sedap pada tubuh.
  7. Air. Ibu menyusui harus mengonsumsi banyak cairan agar bisa memproduksi banyak ASI. Jika sampai mengalami dehidrasi, makanan-makanan yang dikonsumsi tidak akan membantu secara efektif dalam memperbanyak produksi ASI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup

YAZNA

Health & Beauty

Tutup

Masuk

Tutup

Cart (0)

Cart is empty Keranjang Anda masih kosong.

YAZNA

Health & Beauty




Tutup

Tidak dapat Terhubung