Kenali Gejala Awal Kanker Serviks

Yuk Kenali Gejala Awal Kanker Serviks!

Organ kewanitaan rentan terkena penyakit. Hal tersebut karena organ tersebut selalu dalam keadaan lembab sehingga sangat memungkinkan menjadi tempat tinggal jamur dan bakteri penyebab penyakit. 

Dari sekian banyak kasus yang berkaitan dengan organ kewanitaan, kanker adalah penyakit yang paling banyak ditakuti. Ada beberapa kemungkinan kanker yang bisa menjangkiti organ kewanitaan yakni kanker vagina, kanker rahim, dan kanker mulut rahim atau kanker serviks. 

Ciri-ciri awal kanker serviks mungkin sulit dideteksi. Umumnya, kanker serviks akan terasa dampaknya pada kesehatan tubuh secara general setelah memasuki stadium lanjut. Sesuai dengan namanya, kanker leher rahim merupakan kanker yang menyerang jaringan leher rahim. Banyak yang menyebutkan bahwa kanker rahim adalah kanker pembunuh nomor satu para kaum hawa. Hal tersebut tidak mengherankan karena pada tahap awal, kanker ini sulit dideteksi sedangkan pada stadium lanjut sulit diobati. 

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang kanker leher rahim, Anda sebaiknya mengetahui dulu faktor penyebab kanker serviks. Diantaranya adalah berhubungan seksual dengan banyak orang, berhubungan seksual di usia terlalu muda, melahirkan banyak anak, serta mempunyai kekebalan tubuh lemah. 

Gejala Awal Kanker Serviks

Pada stadium awal, kanker serviks sulit dirasakan. Perempuan yang mengalami kanker serviks di stadium awal mungkin tidak akan merasakan gejala apapun. Oleh karena itu, sebaiknya setiap perempuan rutin memeriksakan kesehatan organ kewanitaan seperti pemeriksaam sel HPV yang menjadi faktor utama penyebab kanker serviks. 

Jika kanker serviks ditemukan di awal, maka kesempatan untuk sembuh akan sangat besar. Selain itu, Anda juga bisa melakukan test pap smear dengan melakukaan screening untuk mengetahui perkembangan seputar sel leher rahim.

Pada stadium sedang, perempuan yang mengalami kanker serviks akan mengalami beberapa hal seperti pendarahan pada vagina, rasa sakit ketika berhubungan seksual, nyeri di area panggul, keputihan tidak normal, serta mengalami pendarahan yang banyak ketika sedang menstruasi. 

Karena stadium awal kanker serviks nyaris sulit dideteksi, maka sebaiknya perempuan sadar untuk melakukan serangkaian pemeriksaan mengenai gejala kanker serviks.

Diantaranya adalah pemeriksaam fisik dan riwayat, pemeriksaan panggul, tes pap smear, tes human papillomavirus (HPV), kuretase endoserviks, dan biopsi. 

Lakukan tes tersebut secara rutin terlebih bagi perempuan yang memiliki risiko besar terkena kanker leher rahim ini seperti perokok atau yang sering berhubungan seksual dengan banyak orang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup

YAZNA

Health & Beauty

Tutup

Masuk

Tutup

Cart (0)

Cart is empty Keranjang Anda masih kosong.

YAZNA

Health & Beauty




Tutup

Tidak dapat Terhubung